TATA CARA WAWANCARA
Wawancara adalah salah satu faktor penting dalam menggali informasi dari narasumber, dalam hal ini rumah tangga sample. Dengan teknik wawancara yang baik
dan benar diharapkan tujuan interview akan tercapai. Setiap enumerator harus
mengetahui teknik wawancara yang efisien dan efektif.
Wawancara yang Efisien dan Efektif
1. Persiapan diri dengan baik dengan cara memahami sepenuhnya cakupan isi
kuesioner dan maksud dari setiap pertanyaan.
2. Cermatilah setiap tanda yang menunjukkan catatan kaki ataupun keterangan agar
tahu persis maknanya.
3. Camkan dalam hati bahwa kita yang butuh data, bukan responden.
4. Kembangkan dan pertahankan suasana komunikasi yang baik dengan responden
dengan cara bersikap ramah , sopan, bersahaja, dan jangan tergesa-gesa.
5. Untuk jenis-jenis pertanyaan yang (agak) sulit dijawab oleh responden, gunakan
cara lain dalam bertanya tanpa mengubah makna dari pertanyaan yang tercantum
dalam kuesioner.
6. Khusus untuk modul usahatani, pemahaman enumerator tentang komoditas yang
diusahakan oleh responden sangat membantu, jaga konsistensi antara luas persil
contoh dengan jawaban-jawaban responden mulai dari awal sampai akhir (dari
pra-panen sampai pasca panen dan pengolahan). Apabila jawaban responden agak
meragukan (misalnya penggunaan pupuk atau tenaga kerja pada persil contoh
terlalu tinggi atau terlalu rendah), dikonfirmasikan lagi dengan hati- hati.
7. Penggunaan gambar atau denah dalam menggali data yang berkenaan dengan
lahan, usahatani, dan akan sangat membantu mempermudah wawancara.
8. Pada waktu wawancara gunakan satuan-satuan setempat sesuai apa yang
dimengerti dengan baik oleh responden. Jangan lupa catat konvensinya dengan
satuan yang umum/standar.
9. Selesai wawancara, lihat sekali lagi apakah semua pertanyaan yang relevan telah
ditanyakan dan telah terisi jawabannya..
Saya akan mulai wawancara ini dengan seorang pengusaha yang memiliki pabrik kosmetik/kecantikan yang telah berhasildisni saya tidak secara langsung mewawancarai direktur atau pemilik perusahaan tapi saya mewawancarai asisten/sekretaris pemilik perusahaan.yaitu dengan bapak Bayu,dan karyawan nya yaitu Mas Maman dan Mas Emul.
1.sejak kapan perusahaan bapak berdiri?
2.kenapa bapak memilih untuk membuka perusahaan kosmetik?
3.memiliki berapa karyawan perusahaan bapak?
4.nama dari perusahaan bapak ini apa ?
5.dalam membeli bahan untuk membuat kosmetik berapa dananya yang dikeluarkan perusahaan ?dan
meraup berapa keuntungan dari kosmetik ini?
jawaban dari seorang narasumber.
1.Perusahaan kosmetik ini berdiri pada tahun 2006 tanggal 13 mei,waktu itu saya cuma
saya cuma coba-coba membuat produk terus saya coba tawarkan ke sebuah perusahaan kakak saya dan
ternyata produk yang saya buat laku keras di masyarakat/pasar,akhirnya saya pun berniat untuk membuat
perusahaan dan mencoba mengeluarkan produk-produk yang lainnya...
2.Awalnya saya tertarik dengan perusahaan kakak saya yang produknya laris di pasaran sehingga membuat
saya untuk menciptakan lapangan kerja yang membuat produk kosmetik dan saya juga bekerja sama
dengan kakak saya.
3.Karyawan disini ada 8 orang,yang cara bekerjanya bergantian ada sip siang dan malam.
4.kalau nama sesuai dengan produk yang kami buat yaitu PT.KOSMETIK INDONESIA
5.Disini kami mengeluarkan dan sekitar 5-7 juta dalam 1 bulan kurang,dan kami pun meraup keuntungan
lumayan besar.dan kalau keuntungan perusahaan ini tidak mau terbuka hanya pemmiliknya saja yang cukup
tahu (kata NARASUMBER)
Itu lah wawancara kami dengan seorang narasumber pengacara yang sukses apabila ada kesalahan kata-kata saya mohon maaf.
terimakasih.
Gunanya alat ini untuk mengukur suhu ruangan.
Naha kalau ruangan ini untuk menyimpan barang-barang untuk dijadikan kosmetik nantinya.
dimana untuk
memasak (area masak.)
Lemari yang kecil-kecil ini untuk menyimpan peralatan/pakaian buat kerja.